Vaksin Mandiri

Kebutuhan vaksin untuk warga berusia di atas 18 tahun sebanyak 188 juta orang. Dengan asumsi dua kali suntik plus 15%, maka complete kebutuhan 426 juta dosis. Ada peluang dari Gavi 108 juta dosis dan sejumlah merek lainnya.

Vaksinasi Mandiri

Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 dapat dilakukan lewat vaksinasi Gotong Royong demi mempercepat program vaksinasi dan terbentuknya kekebalan kelompok. Dengan diberikannya kesempatan kepada perusahaan untuk melakukan vaksinasi mandiri maka kekebalan kelompok atau herd immunity bisa lebih cepat diperoleh. Dengan begini aktivitas perekonomian kembali berangsur regular. Pemerintah akhirnya telah mengizinkan vaksinasi mandiri untuk dilakukan. Pemberian vaksin ini berikutnya akan ditanggung sepenuhnya oleh perusahaan atau pemilik usaha. Beredarnya pamflet RS Pelni yang menawarkan pelayanan vaksinasi berbayar, lengkap dengan harga yang berkisar ratusan ribu hingga jutaan rupiah membuat resah.

Dihubungi terpisah, Sekretaris Jenderal Asosiasi Rumah Sakit Swasta Ichsan Hanafi mengungkapkan bahwa pihak rumah sakit swasta sudah dilibatkan dalam persiapan kegiatan vaksinasi. Jika dihitung berdasarkan rumah sakit BUMN yang sudah siap , yakni 64 outlet ditambah dengan klinik BUMN sebanyak 129 outlet, Fathema memperkirakan vaksinasi hanya akan menjangkau sekitar 801.000 orang per bulan, masih jauh dari goal. Namun, Kemenkes telah menyatakan tidak akan mengimpor vaksin untuk program tersebut dalam waktu dekat. Selain itu, PT Bio Farma Persero sebagai importir tunggal untuk pengadaan vaksin Covid-19 belum memiliki waktu pasti mengenai impor vaksin. Setelah vaksin tersedia, target vaksinasi harus diberikan seluas mungkin dan lebih cepat dan gratis,” tuturnya.

Perusahaan besar sangat semangat untuk mendaftar, terutama yang memiliki banyak pekerja. Tapi saya cukup kaget juga ketika beberapa waktu lalu melakukan sosialisasi, ternyata UMKM yang pekerjanya 5-10 orang ada yang mau ikut. Kedua, apabila diizinkan kami mengimpor langsung dari produsennya. Mungkin nanti kami ambil ke Sinopharm, Novavax, atau Sputnik V Rusia. Mereka menyampaikan bahwa kami boleh membeli asal pemerintah memberi izin.

Airlangga memastikan, karyawan akan mendapatkan vaksinasi COVID-19 secara mandiri, gratis. Jangan lupa juga, berikan mereka beberapa informasi bagaimana mempersiapkan diri dengan baik sebelum vaksinasi nanti. Perlu diingat, badan usaha yang baik adalah badan usaha yang juga ikut memperhatikan kesehatan dari pegawainnya. Jika Anda adalah pemilik usaha dan memiliki beberapa karyawan yang tetap harus pergi kekantor dan terpapar langsung dengan virus. Sebaiknya Anda juga ikut mengusahakan untuk bisa melakukan pengadaan vaksinasi mandiri untuk pegawai Anda. Biaya pelayanan vaksinasi Gotong Royong yang dilakukan oleh fasilitas pelayanan kesehatan milik masyarakat/swasta tidak boleh melebihi tarif maksimal yang ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan.

Iklan membantu kami untuk dapat memberikan konten hukum secara free of charge. Jumlah perusahaan masih bisa bertambah karena Kadin membuka pendaftaran hingga 24 Maret 2021. “Yang mendaftar ini bukan hanya perusahaan besar tapi perusahaan menengah dan kecil, bahkan UMKM pun ternyata banyak yang daftar,” ujar Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan P. Roeslani , Senin (15/three). Ada dua vaksin corona yang digunakan, yakni buatan Sinopharm dari China dan Sputnik V dari Rusia. Politikus Partai NasDem ini menilai Indonesia harus lebih cepat keluar dari pandemi Covid-19.

Role