Universitas Negeri Semarang Universitas Berwawasan Konservasi

Kak Eva berharap, setelah pelaksanaan OKPT ini mahasiswa dapat lebih produktif dan kreatif meski tengah berada di masa pandemi Covid-19. Selain itu, Prof Zaenuri menyampaikan di tengah pandemi Covid-19, pustakawan harus cepat merespon perubahan, dinamis, dan adaptif untuk mengoptimalkan peran civitas akademika. Dr S Martono berharap kegiatan workshop ini dapat diimplementasikan dan dukungan dari unit agar menjadikan UNNES lebih baik dalam tata kelola keuangan. Kepala Biro Perencanaan dan Keuangan UNNES Junjung Suiyat SIP sebagai pemrakarsa menjelaskan bahwa kegiatan ini sebagai upaya meningkatkan kinerja pengelolaan Kas menjadikan pengelolaan Kas yang Cerdas, Akuntabel, Efisien, dan Prudent .

Viral live di tik-tok menghitung beras

“Ini merupakan salah satu upaya Kami dalam mengembangkan kerjasama di bidang Terapi Fisik, dan penguatan sport trade di UNNES”, tutur Prof Tandiyo. “Dengan adanya pembelajaran daring, UNNES berupaya untuk mengembangkan Digital Smart Campus dalam layanan prima agar mempermudah, mempercepat, dan meningkatkan akuntabilitas pelayanan dan nantinya akan menjadi contoh Perguruan Tinggi lainnya”, jelas Prof Fathur. Acara TUF #6 ini berbeda dengan TUF sebelumnya, yang saat ini mengharuskan secara daring dikarenakan kondisi yang tidak memungkinkan akibat adanya pandemi. Dengan adanya teknologi yang semakin canggih memudahkan acara terlaksana secara lancar dan nyaman.

Dekan Fakultas Hukum Dr Rodiyah menyampaikan 2nd ULF tahun 2021 merupakan ajang kompetisi bagi mahasiswa tingkat nasional untuk kali kedua. 2nd ULF Tahun 2021 terdiri dari 3 cabang lomba yaitu Lomba Karya Tulis Ilmiah Bagian Pidana, Lomba Karya Tulis Ilmiah Bagian HTN-HAN, dan Lomba Karya Tulis Ilmiah Bagian Perdata-Dagang. I Gusti Ngurah Agung Kusuma Jaya tim dari Inspektorat menyatakan tujuan audit kinerja diantaranya untuk mengevaluasi zona integritas baik secara pelayanan maupun akademik. Ia menambahkan pelaksanaan audit kinerja akan berlangsung selama 12 hari kerja kedepan, pungkasnya. Fafurida menyebutkan tiga program kegiatan yang akan dilaksanakan dalam program PKKM diantaranya, Pertama peningkatan kualitas SDM unggul melalui sertifikasi kompetensi.

KH Dr Ali Masykur Musa SH MSi dalam ceramahnya membahas makna kebahagian sesuai dalam kitab Kimiya’ al-Sa’adah karya Imam al-Ghazali. Beliau menyampaikan Kebahagiaan tercapai melalui proses takhalli dan tahalli , yakni dengan mendidik jiwa dengan cara menjauhi keburukan dan mensucikannya darinya dan menggapai keutamaan dan menghiasi jiwa dengan amal kebajikan. Badan Amalan Islam bersama Pengurus Masjid Ulul Albab Universitas Negeri Semarang menyelenggarakan peringatan Maulid Nabi dengan tema “Semangat Maulid Nabi Memacu Diri untuk Menggapai Kebahagiaan Sejati” dengan pembicara KH Dr Ali Masykur Musa SH MSi secara Daring melalui Zoom meeting Agen Bola Online, Selasa, 3/11. Setelah pelantikan pengurus, kegitan dilanjutkan dengan webinar dengan tema “Memakmurkan dan Dimakmurkan Masjid Kampus untuk Membangun Peradaban Unggul Bangsa Indonesia” oleh Ketua Umum Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia Prof Dr Jimly Asshiddiqie SH MH. Profesor Sosiolinguistik tersebut menambahkan, berbagai karya dan pemikiran Habib Luthfi telah banyak menjadi rujukan dalam berbagai kajian keilmuan, terutama berkaitan dengan nilai dan sejarah kebangsaan. Sehingga Habib Luthfi dinilai merupakan sosok yang tepat untuk menerima gelar Honoris Causa dari Universitas Negeri Semarang.

Nilai-nilai Islam sangat common dan kita terus mengupayakan untuk menerapkan pada kehidupan kampus. UNNES sebagai Perguruan Tinggi Negeri akan selalu mengedepankan keilmuan,” jelas Prof Fathur. Dalam kesempatan tersebut, Prof Nizam juga mengingatkan mengenai esensi ajaran Ki Hajar Dewantara bahwa tujuan pendidikan bukan sekadar memberikan ilmu namun juga menyiapkan insan merdeka yang berbudaya.

“Upaya terpenting untuk mewujudkan program kampus merdeka dengan cara berkolaborasi inside di dalam universitas, kolaborasi eksternal antaruniversitas, dan kolaborasi dengan jaringan yg lebih luas, guna meningkatkan kapsitas dan memberikan ruang kepada mahasiswa untuk merdeka belajar. Maka dari itu, kita berharap kerja sama ini dapat terjalin dengan baik dan mewujudkan kampus merdeka”, kata Prof Fathur. “UNNES menyambut dengan antusias peluang yang disampaikan Ketua MPR Pak Bambang Soesatyo. Dalam mewujudkan program merdeka belajar dan kampus merdeka yang merupakan kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, UNNES akan mendorong mahasiswa untuk menguasai berbagai keilmuan dan pengalaman yang luas guna mempersipakan diri memasuki dunia kerja nantinya. Untuk itu, UNNES bersinergi dengan MPR untuk membuka peluang magang bagi mahasiswa dan berbagai kerja sama dijalin dengan MPR guna mendukung tri dharma perguruan tinggi,” kata Prof Fathur Rokhman.

Menurutnya, UNS Jawametrik sesuai dengan visi misi UNNES sebagai Universitas Berawasan Konservasi dan Bereputasi Internasional yang secara aktif melakukan upaya konservasi Sumber Daya Alam, Lingkungan Seni dan Budaya serta Nilai dan Karakter. Kerjasama ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas mahasiswa melalui program MBKM, Selasa ( 25/5). Seminar Nasional ini akan diadakan secara Luring terbatas dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat dan disiarkan langsung melalui kanal Youtube UNNES.

Davon