Universitas Negeri Semarang Universitas Berwawasan Konservasi

Narasumber webminar sekaligus Guru SD Wonolelo Kabupaten Wonosobo Jawa Tengah bahwa mendidik sepenuh hati bergegas meraih prestasi, bekerja menginspirasi adalah motto dan penyemangat dalam mengabdikan diri mengajar murid muridnya. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang saat ini menyelenggarakan kegiatan Java Fundamental Virtual Class Training of Trainer . Rektor UNEJ Dalam sambutanya menyampaikan bahwa UNEJ sebagai kampus Satker ingin belajar banyak dari UNNES agar bisa menjadi kampus PKBLU, Kampus Konservasi ini kurang lebih 12 tahun menjadi PK BLU tentunya banyak pengalaman berharga yang dapat dibagikan kepada UNEJ. Kerjasama ini bertujuan tuntuk mendukung pelaksanaan kebijakan program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka, Selasa (19/8). Menurut Prof Fathur, Teman KIP-Kuliah merupakan program strategis yang dapat membantu proses sosialisasi, mempermudah proses pendampingan dan mempersingkat proses penyelesaian hambatan sehingga KIP-Kuliah dapat diterima oleh masyarakat yang berhak dan merata, Selasa(25/8).

Besok pagi, Selasa (17/11) Universitas Negeri Semarang akan melaksanakan wisuda ke-104 tahun 2020 secara Luring dan Daring. Mahasiswa yang diwisuda sebanyak 1314 mahasiswa terdiri atas program Doktor, Megister, Sarjana, dan Diploma. “Setiap hari UNNES mengukir prestasi, peran mahasiswa sangat mendukung untuk mewujudkan visi misi UNNES, oleh karena itu selalu kabarkan prestasi UNNES,” ucap Guru Besar Sosiolingustik tersebut. Pameran ini bertema Kartun Edukasi untuk Covid 19 dan bertujuan mengedukasi masyarakat tentang pentingnya mencegah penyebaran virus covid 19 dan juga melaksanakan protokol kesehatan pencegahan covid 19. Pada tahun ini, Kontes Robot Indonesia sempat diisukan ditiadakan akibat adanya peralihan Dikti ke Kemendikbud dan pandemi Covid-19. Namun hal tersebut tidak menyurutkan semangat Tim Kontes Robot Abu Indonesia UNNES yaitu Bledheg Ijo untuk tetap mempersiapkan robot sesuai dengan guidelines yang sudah dibagikan di tahun 2019 lalu.

Rektor UNNES Prof Dr Fathur Rokhman MHum dalam kesempatan ini mendorong ke depannya warga UNNES untuk meningkatkan prestasi, produktivitas, dan melakukan inovasi-inovasi. Semoga pada tahun 2021 ini UNNES semakin meningkat inovasinya untuk mewujudkan visi lembaga ini sebagai universitas konservasi dan bereputasi Internasional,” Beli Free Spin kata Rektor UNNES. “Kegiatan pembelajaran dilaksanakan sesuai dengan kontrak perkuliahan dan beban SKS secara Daring dan tidak dilakukan dengan pertemuan fisik. Untuk Ujian Tengah Semester juga dilaksanakan secara Daring sesuai prosedur mutu dengan tetap menjaga kualitas ujian dan kejujuran mahasiswa,” lanjut Prof Zaenuri.

Viral live di tik-tok menghitung beras

Dalam Program Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia Tahun 2021 melalui Kegiatan Berwirausaha Mahasiswa Indonesia dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan. Sementara itu, Satria Fajar M yang meraih medali emas dan Faradina Safira meraih medali perunggu, mengaku tidak menyangka bisa menjadi salah satu yang meraih medali. Menurutnya, semua kemenangan yang diraih merupakan hasil dari kerja keras dan doa yang tak pernah putus. “Menindaklanjuti Surat Edaran Men-PAN RB, penetapan larangan ini merupakan upaya untuk mengendalikan penyebaran Covid-19 terutama di lingkungan UNNES,” kata Prof Fathur Rokhman. Selain itu, Rektor berharap Idul Fitri menjadi momentum yang sangat baik untuk merekatkan tali persaudaraan di antara keluarga besar UNNES serta UNNES dengan masyarakat.

Selain itu, Program KLS merupakan program kolaboratif yang relevan dan menguntungkan semua pihak. Rektor UNNES Prof Dr Fathur Rokhman MHum menyampaikan penghargaan ini membuktikan, UNNES sebagai salah satu Perguruan Tinggi yang Bereputasi dan memiliki sistem pengelolaan kerja yang transparan dan akuntabel. UNNES meraih terbaik pertama dengan nilai 98,84 predikat sangat baik pada katagori Nilai Kinerja Anggaran Tahun Anggaran 2020 Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum dan Perguruan Tinggi Negeri Badan Layanan Umum . Universitas Negeri Semarang meraih terbaik pertama pada penganugerahan Penghargaan Implementasi SAKIP dan Nilai Kinerja Anggaran TA 2020 yang diselenggarakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia secara Daring, Selasa (23/2).

Intri dari Drs Suparwoto ini menyelesaikan doktor Pendidikan IPA di Universitas Pendidikan Indonesia Bandung tahun 2013. Prof Sri Suwarni aktif dalam pengabdian masyarakat khususunya dalam pendampingan guru-guru kimia dalam mengimplementasikan kesehatan dan keselamatan kerja dan peningkatan kompetensi guru dalam mengembangkan asesmen berbasis keterampilan proses sains melalui kelompok kerja guru . Hasil penelitiannya disampaikan pada pertemuan-pertemuan ilmiah dan diterbitkan dalam jurnal nasional dan worldwide.

Tim dari FMIPA UNNES ini berhasil menyumbang complete 25 medali untuk Jawa Tengah dengan perolehan 15 medali emas, 7 medali perak, dan 3 medali perunggu. Dr. Alamsyah sebagai ketua tim delegasi mengatakan bahwa kunci kemenangan dari timya adalah kerjasama yang baik antara dosen dan mahasiswa serta dukungan maksimal dari pihak kampus dalam kegiatan ARUBALYMPICS 2020. Dekan FMIPA UNNES, Dr Sugianto MSi saat membuka acara menyampaikan bahwa kegiatan ToT ini sangat bermanfaat bagi peserta sebagai upaya untuk fasilitasi dosen mendapatkan sertifikasi kompetensi agar nantinya memiliki kewenangan memberikan sertifikat kompetensi kepada mahasiswanya. Adapun syarat untuk bisa menerbitkan sertifikat kompetensi mahasiswa, maka kurikulum sebuah program studi harus disinergikan dengan kurikulum Oracle Academy. Nota kesepahaman ini mencakup kerja sama di bidang pendidikan program merdeka belajar di kampus merdeka, pelatihan, magang, seminar/konferensi, dan lokakarya. Bagi UNNES, menjalin kemitraan strategis akan mendorong pencapaian visi besar sebagai universitas berwawasan konservasi dan bereputasi internasional.

Davon