Kisah Mbah Karsiman Yang Hidup Seorang Diri, Tapi Saat Meninggal Dunia Bikin Bahagia Warga Satu Kampung

“Meskipun sudah disuntik vaksin, kita tetap menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir. Insyallah seluruh dosen, tendik mahasiswa, dan alumni serta masyarakat segera mendapat vaksinasi. Selain itu, Prof Dr Lalu Husni menyampaikan kekagumannya prestasi yang diraih UNNES yang semakin meneguhkan menjadi universitas berwawasan konservasi dan bereputasi Internasional. “Prestasi mahasiswa dan alumni laksana mahkota yang bagi UNNES sangat berharga sehingga harus diupayakan dengan kerja keras dan kerja cerdas yang terus-menerus. Kita meyakini kegemilangan prestasi mahasiswa dan alumni merepresentasikan kegemilangan dalam bidang lain,” pungkas Prof Fathur. Gema Aditya Mahendra Mahasiswa mahasiswa jurusan Teknik Kimia Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang berhasil memenangkan kompetisi nasional yang diselenggarakan oleh BUMI SCHOLAR 2021 secara digital.

Rektor UNNES Prof Fathut Rokhman mendukung kegiatan mahasiswa yang peduli terhadap bencana semoga menjadi agenda untuk membantu sesama. Presiden BEM KM UNNES Wahyu Suryono Pratama mengatakan bahwa kegiatan ini dapat terlaksana atas kerjasama yg baik BEM KM UNNES yang tergabung didalam BEM SERA dengan pihak kepolisian POLDA Jawa Tengah dan donatur lainnya. Bergabung bersama rombongan, terdiri Dari Presiden BEM KM Wahyu Suryono Pratama didampingi oleh Nuhab Mujtaba Mahfuzh serta Imalailla Christina Muliana mengunjungi Bapak Agus Salim tokoh masyarakat setempat. Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan Fakultas Matamatika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang Dr Dwi Yulianti MSi meraih gelar Doktor bidang Pendidikan IPA dalam Sidang Terbukayang dilaksanakan secara Daring.

Viral live di tik-tok menghitung beras

Humas Universitas Negeri Semarang menyelenggarakan sosialisasi seleksi mandiri UNNES 2021. Kegiatan ini diselenggarakan secara Daring dan disiarkan langsung melalui kanal YouTube UNNES dan Instagram UNNES. “UNNES mendukung berdirinya PUI-PF sebagai salah satu wadah untuk memanfaatkan teknologi dan ilmu pengetahuan yang didukung publikasi di jurnal internasional bereputasi,” tutur Wakil Rektor Bidang Akademik. Program ini sangat bagus untuk mengimplementasi kompetensi mahasiswa di masyarakat dan memajukan desa, apalagi sangat relevan dengan Mereka Belajar Kampus Merdeka . Sebab, dalam MBKM, mahasiswa memiliki hak tiga semester melakukan pembelajaran di luar program studinya termasuk melaksanakan program ini. Dekan FIK menjelaskan mata kuliah ini diselenggarakan dengan pendekatan Project Base Learning, di mana proses belajar mengajar diutamakan utntuk memfasilitasi para mahasiswa agar memiliki kemampuan untuk menggagas sebuah occasion olahraga.

“RIT SS merupakan tempat bisnis sekaligus tempat berlatih insan muda untuk membuat produk fermentasi serta tempat magang mahasiswa yang berkecimpung di bidang teknologi pangan,” kata Prof Nina. Dalam penutup nya Prof Suci menyampaikan PUI PT sebagai simpul pengembngan sains dan teknologi di Indonesia melalui Tridharma Perguruan Tinggi. Oleh karena itu suatu Perguruan Tinggi sangat membutuhkan PUI PT sebagai salah satu wadah untuk mendukung sains dn teknologi kampus. “Anak muda di generasi milenial mulai menyukai plant based mostly meals untuk menunjang kesehatan dan menggunakan tempe sebagai salah satu alternatif pangan nabati untuk mendukung pembangunan sistem imun,” ujarnya. Sementara itu, Dekan FIK UNNES Prof Dr Tandiyo Rahayu M Pd dalam laporannya menyampaikan kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka menyelesaikan tugas akhir perkuliahan Sport Entertainment and Event Organizer mahasiswa Jurusan PJKR.

“Salah satu prestasi UNNES yang baru saja yakni UNNES mendapatkan penganugerahan terbaik pertama dalam nilai kerja anggaran TA 2020 oleh Kemendikbud,” kata Rektor UNNES. Rektor UNNES Prof Dr Fathur Rokhman MHum dalam sambutanya menyampaikan sebagai lembaga pendidikan tinggi, UNNES terus menciptakan dan membangun inovasi dalam mewujudkan Kampus Merdeka. Rektor menambahkan Inovasi sangat dibutuhkan, untuk menjawab berbagai persoalan yang dihadapi masyarakat.

Prof Tandiyo selaku Promotor menyampaikan bidang Industri olahraga dinilai merupakan frasa yang relative baru dalam khasanah pengetahuan umum maupun pengetahuan keolahragaan di Indonesia. Industri olahraga menjadi bahan kajian Nurdin Halid karena aktivitas olahraga ternyata mampu menjadi penggerak kehidupan sosial ekonomi masyarakat. Kepemimpinan Nurdin Halid Pada masa itu dinalai promovendus menjadikan geliat persepakbolaan nasional menjadi marak, dan ikut menggerakkan ekonomi rakyat, melalui ticketing yang tersistem, pengelolaan sponsor, hingga penyediaan merchandise dalam skala besar hingga skala produksi rumah tangga. Rektor UNNES dalam sambutanya menyampaikan, selamat kepada tiga profesor yang dikukuhkan. Rektor menyebutkan hadirnya tiga profesor baru di UNNES berarti melahirkan energi akademik baru untuk terus meningkatkan kapasitas institusi sehingga visi menjadi universitas berwawasan konservasi dan berputasi internasional akan lebih mudah diwujudkan.

Upaya komersialisasi bekerja sama dengan perusahaan dan akademisi sangat diperlukan untuk menunjang keberlangsungan pangan fungsional. Narasumber kedua Prof Dr Made Astawan MS sekaligus sebagai ketua Forum Tempe Indonesia menyampaikan mengenai Tempe as Functional Food. Penerapan praktik higienis dan keamanan pangan proses produksi tempe ini perlu adanya sinergi bersama baik dari universitas, akademisi, Lembaga non profit, UKM Tempe dan masyarakat. Dalam kesempatan ini Prof Zaenuri menyampaikan UNNES sebagai analysis Link Kong4D college menggagas adanya Pusat Unggulan Ipteks sebagai suatu bagian yang dapat memberikan kontribusi bagi masyarakat umum. Materi disampaikan sebagian melalui video yang dibuat oleh tim mahasiswa yaitu pembuatan awetan basah, pembuatan insectarium dan pembuatan awetan dengan resin, acara dilanjutkan diskusi dengan santai.

“Kebangkitan ekonomi dapat didorong dengan melibatkan anak-anak muda atau mahasiswa dan perjuangan untuk membangkitkan ekonomi Indonesia terus berlanjut”. “Pandemi Covid-19 ini mampu menjadi momentum UMKM merambah ke dunia digital dan mendorong para reseller atau dropshipper baik mahassiswa maupun pelaku usaha untuk berani mengembangkan bisnis dengan menjadi produsen,” pungkasnya. Menurut Drs Teten, reseller bisa membantu produk UMKM lebih luas dan berdaya saing world. Terlebih, kini peran para distributor penjual kembali ini didominasi anak muda dan lebih melek dunia digital, terutama teknis e-commerce. Ir Sukarno mendirikan IKIP Semarang agar Indonesia memiliki guru-guru berkualitas untuk memajukan pendidikan,” katanya.

Selain itu, adanya reakreditasi tersebut diharapkan mampu mendorong prodi untuk terus melakukan perbaikan dan mempertahankan mutu yang tinggi. “Adanya reakreditasi tersebut diharapkan mampu mendorong Program Studi Ekonomi Pembangunan untuk terus melakukan perbaikan dan mempertahankan mutu yang tinggi. Ke depan, Program Studi Ekonomi Pembangunan masih memiliki tanggung jawab untuk meraih dan mengkonversi akreditasi A yang diperoleh saat ini menjadi akreditasi unggul.” pungkas Fafurida.

Sebagai lembaga perguruan tinggi UNNES memiliki strategi dalam meinternalisasikan Nilai Pancasila melalui Pendidikan Tinggi” jelas Prof Fathur. Rektor UNNES Prof Dr Fathur Rokhman MHum menyampaikan UNNES memiliki peran strategis dalam mewujudkan nilai-nilai Pancasila untuk mewujudkan Indonesia bersatu dan berkemajuan melalui Konservasi Nilai Pancasila. Karakter selanjutnya generasi milenial lebih banyak memahami teknologi komunikasi informasi, pintar dalam mencari informasi, dan memiliki pemikiran kritis serta logis. “Perlu operasionalisasi sila-sila pancasila yang diturunkan menjadi nilai-nilai pancasila kemudian menjadi norma-norma pancasila dan akhirnya menciptakan aturan-aturan konkret untuk mengarahkan perilaku/ tindakan masyarakat dan dapat diwujudkan ke dalam kehidupan sehari hari,” tutur Prof Dr Heddy. “Nilai-nilai pancasila tidak mudah untuk diimplementasikan, karena nilai bersifat abstrak, tidak mudah dinyatakan, dan tidak mudah diukur. Problemnya adalah bagaimana kita mewujudkan nilai-nilai yang abstrak itu ke dalam kehidupan sehari hari?

Davon