Ingin Berbisnis Saat Pensiun? Simak 5 Tips Berikut

Dan karena WFH dan dirumah aja, aku jadi selalu pakai baju rumah-tepatnya ootd baju tidur on an everyday basis. Dari situ lah yang triger aku juga untuk jualan house costume yang motifnya lucu-lucu, pajama set yang lagi hits. Semuanya berawal dari pengalaman pribadi yang akhirnya meluas jadi peluang bisnis.

Kesehatan gigi berperan penting terhadap kesehatan tubuh secara umum. Memiliki gigi yang sehat banyak manfaatnya, salah satunya kita dapat makan dan beraktivitas lebih nyaman sehingga produktivitas pun tercapai. Hal sederhana yang wajib dilakukan adalah dengan “residence care” atau merawat gigi di rumah, menyikat gigi dengan pasta gigi berfluoride misalnya. Kebiasaan baik seperti ini harus ditularkan kepada seluruh anggota keluarga, terutama anak-anak untuk membiasakan diri mereka agar dapat menjaga kesehatan gigi hingga tua. Berawal dari riset mengenai komunikasi antara orang tua dengan anak-anak , Devi Raissa menemukan kalau membaca buku pun bisa menjadi salah satu solusi dari permasalahan orang tua dengan anaknya. Akan tetapi, Ia mendapatkan keluhan dari para orang tua kalau buku bacaan di Indonesia kurang bervariasi dan kalaupun ada memiliki harga yang cukup tinggi.

Tidak masalah jika kamu tahu di mana waktunya kamu harus berhenti sesaat saja. Carilah modal dengan bekerja lain, gunakan uang yang kamu dapat dari pekerjaan lain tersebut sedikit demi sedikit untuk mengembangkan bisnis kembali. Jika dalam kurun waktu 6 bulan tersebut belum membuahkan hasil maka bisa mengganti dengan bisnis yang lain, jangan terpatok di bisnis yang tidak terus berkembang.

Persoalan regulasi dan perizinan usaha merupakan masalah serius dalam EoDB di Indonesia. Memang, menyinkronkan semua regulasi maupun menyederhanakan perizinan usaha dengan budaya yang sudah terbentuk saat ini bukanlah persoalan yang mudah. Presiden Joko Widodo juga berulangkali menyoroti persoalan regulasi yang kontraproduktif dengan semangat menumbuhkan investasi.

Dari segi harga, jangan menaikkan harga terlalu tinggi karena para calon pembeli pun akan lari. Untuk mencari properti yang dijual, pertama-tama Anda harus rajin mendatangi lokasi perumahan dan pameran properti yang sedang dilangsungkan di daerah terdekat Anda. Saat memasang harga, patok harga yang sedikit lebih tinggi agar jika terjual, Anda memperoleh keuntungan. Tetapi, bisnis ini juga bisa dimulai dengan modal yang kecil, loh.

Penggerak atau kunci dari industri kreatif ini tidak lain adalah kolaborasi. Kolaborasi ini akan menghasilkan interaksi, diskusi, kompromi dan juga kerjasama. Di mulai dari bagaimana kita bisa membangun interaksi seperti melakukan banyak hal. Nah, akhirnya ada kerjasama yang bisa kita lakukan bareng”, jelas narasumber. Lia menambahkan, kelebihan lain dari usahanya terletak pada layanan.

Pahami kebutuhan dan keinginan calon pembeli agar Anda bisa menawarkan properti yang sesuai dengan keinginan mereka. Saat melakukan kerja sama dengan pihak developer properti, Anda perlu mengumpulkan informasi penting seperti lokasi properti, harga promosi, diskon, dan berbagai penawaran menarik lainnya. Lokasi sangat menentukan harga dan minat, galilah informasi selengkap mungkin agar calon pembeli pun memiliki gambaran yang memuaskan akan pilihan rumah yang ada. Hanya saja, biasanya bisnis properti memerlukan modal yang cukup besar. Sehingga mau tidak mau Anda harus berani ‘miskin’ ketika berada di awal bisnis. Itu tadi informasi tentang kiat sukes menjadi pengusaha di usia muda.

Tak jarang juga muncul rasa bangga dalam diri jika kita berhasil mendapatkan produk preloved branded yang bagus dengan harga murah. Berkat keuletan, kekuatan modal dan strategi usaha yang terukur, bisnis barbershop yang dijalankan Somantri lambat laun semakin berkembang. Setiap tahunnya, Somantri sanggup membuka satu cabang usaha salon baru. Hingga tahun kelima, ia telah memiliki setidaknya lima barbershop di Kota Bandung. Lewat modal awal berupa uang pinjaman senilai Rp20 juta, Somantri langsung membangun bisnisnya dengan membuka salon di kawasan Sukajadi, Kota Bandung. Para karyawan yang sibuk bekerja bisa membuka usaha makanan atau minuman pada saat weekend atau menitipkan orang yang terpercaya untuk menjalankan bisnisnya.

Merintis usaha sedari dini

Beberapa peneliti menambahkan untuk menjadi usaha yang berhasil, insting bisnis ini perlu diikuti oleh serangkaian ‘pekerjaan rumah’ yang harus dilakukan. Putri Indahsari Tanjung merupakan putri sulung dari pengusaha kaya raya Chairul Tanjung. Ia menggeluti bisnis yang bergerak di bidang event organizer, dan salah satu acara dijalankan, yaitu Creative Corner. Anak-anak orang kaya ini tetap bekerja dengan membuka usaha sendiri. Mereka tetap mandiri dengan merintis karier sesuai dengan passion yang mereka punya.

Davon