Cek Tagihan Listrik Pln Online Paling Cepat, Tepat Dan Akurat

Dengan menghemat pengeluaran, ibu dapat menyisihkan uang untuk ditabung. Memisahkan uang untuk tabungan pribadi dan juga uang belanja memang menjadi hal yang wajib untuk dilakukan. Oleh karena itu, kamu sebaiknya memiliki dua jenis rekening sehingga bisa melakukan penghematan pada gaji yang baru saja kamu terima.

Cara agar hemat dalam berbelanja bulanan

Apalagi di masa pandemi Covid-19 atau Corona seperti sekarang, tentu sangat perlu untuk menghemat segala jenis pengeluaran. Apalagi menjelang awal bulan, di kala banyak orang yang baru gajian, tidak jarang berbagai tempat perbelanjaan akan menawarkan promo dan diskon menarik. Berbagai pasar trendy seperti grocery store, hypermarket, hingga minimarket menawarkan potongan harga untuk berbagai produk yang dijual.

Bahkan, terkadang bahan pokok utama yang lebih penting menjadi lupa terbeli dan membuat Anda harus mengeluarkan uang lebih lagi untuk membelinya di kemudian hari. Menuliskan barang-barang yang akan kamu beli itu penting banget. Buat kamu yang masih gengsi dan takut dikatain mirip ibu-ibu, kamu gak harus buat daftar belanja kamu di kertas atau buku saku seperti yang sering ibu-ibu lakukan. Kamu bisa menulis daftar belanja kamu di memo atau observe yang ada di ponsel kamu.

Jalanilah hidup apa adanya, sesuai dengan kemampuan isi dompet. Petuah ini bisa menjadi penyelamat Anda melewati situasi yang tidak menentu seperti sekarang ini. Jika saat ini dana darurat Anda belum ideal – yaitu minimal tiga kali untuk lajang dan minimal enam kali untuk yang telah berkeluarga – maka janganlah boros untuk pos-pos tersier. Jika Anda ingin bersepeda, tidak perlu belanja sepeda yang harganya hingga puluhan juta Rupiah. Jika memang saat ini Anda masih punya cicilan utang, ditambah pendapatan seret, tidak perlu memaksakan diri membeli tanaman hingga jutaan Rupiah. Ada banyak tanaman yang dijual di bawah Rp50.000 yang tak kalah cantik dan bisa menambah suasana asri di rumah.

Anggaran bulanan juga akan buat kamu tahu dan bisa memilah mana pengeluaran yang benar-benar kamu butuhkan dan mana yang sebenarnya bisa dihilangkan. Karena ini anggaran Kakek Merah FAFAFA finansial pribadi, kamu bisa mengaturnya sesuai dengan kebutuhan. Pos biaya investasi atau tabungan menduduki posisi ketiga, dengan alokasi 10% dari pendapatan.

Davon