Cara Sederhana Supaya Kaya Berdasarkan Alquran

Candra makasih atas pencerahannya, semoga banyak orang terinspirasi untuk mewujudkannya. Bahkan Rasulullah menambahkan dalam HR Turmudzi dan Hakim, jika doa akan membukan pintu-pintu rahmat, tentu hal ini berkaitan dengan pintu rezeki pula. Jadi, doa sembunyi untuk saudara tentang kebajikan, kesuksesan dan kekayaan laksana kita sedang menabur benih kebajikan yang nantinya akan kita tuai yang lebih baik lagi. Tetapi perlu diketahui, para ulama mengatakan bahwa amalan seseorang untuk mencari dunia lebih nampak hasilnya daripada riya’. Alasannya, kalau seseorang melakukan amalan dengan riya’, maka jelas dia tidak mendapatkan apa-apa. Namun, untuk amalan yang kedua, dia akan peroleh kemanfaatan di dunia.

Novelnya tersebut sangat panjang, untuk beratnya saja sekitar 1 Kg dalam sampul kertas, di dalamnya berisi 900 halaman tentang perang dunia 2. Dengan begitu selain bernilai ibadah, juga akan mempercepat kita untuk mencapai keinginan kita menjadi kaya. “Allahumma inni as-alukal huda wat tuqo wal ‘afaf wal ghina” (Ya Allah, aku meminta pada-Mu petunjuk, ketakwaan, diberikan sifat ‘afaf –terhindar dari yang haram- dan sifat ghina –selalu merasa cukup-).” (HR. Muslim no. 2721). “Pandanglah orang yang berada di bawahmu dan janganlah engkau pandang orang yang berada di atasmu . Dengan demikian, hal itu akan membuatmu tidak meremehkan nikmat Allah padamu.” (HR. Muslim no. 2963). Gencarnya media dalam menampilkan kehidupan yang serba mewah telah menimbulkan gaya hidup konsumsif dalam masyarakat kita.

Cara agar kaya dunia akhirat

Kalau memang demikian, mereka bisa termasuk orang-orang yang tercela sebagaimana disebutkan dalam ayat berikut. Generasi Salaf adalah sebaik-baik teladan dalam semua kebaikan dan keutamaan dalam agama ini, tidak terkecuali dalam memanfaatkan harta dan kekayaan untuk meraih ridha Allâh Azza wa Jalla . Sifat rakus inilah yang akan terus menyeretnya untuk terus mengejar harta dan mengumpulkannya siang dan malam, dengan mengorbankan apapun untuk tujuan tersebut. Sehingga tenaga dan pikirannya akan terus terkuras untuk mengejar ambisi tersebut, dan ini merupakan kerusakan sekaligus siksaan besar bagi dirinya di dunia.

Orang sombong itu ibarat orang yang berdiri di atas gunung. Dia melihat orang lain kecil, tapi dia tidak sadar orang lain melihatnya kecil juga. Menuntut ilmu tidak hanya ilmu duniawi melainkan juga ilmu akhirat, baik melalui majelis dan sejenisnya. Tetapi, kerap kali politik serta pemerintahan dikira oleh khalayak universal selaku perihal yang kurang baik sebab kerap dikira selaku metode seorang yang menghalalkan bermacam berbagai metode buat menggapai kekuasaan paling tinggi.

Jika shalat tahajud, puasa senin-kamis yang dia lakukan hanya ingin meraih dunia, maka dunia memang akan dia peroleh dan tidak akan dikurangi. Dia tidak akan memperoleh balasan di akhirat disebabkan amalannya yang hanya ingin mencari-cari dunia. Padahal, setiap hari dia tidak pernah berhenti untuk berusaha mencari rezeki. Dalam biaografi beliau disebutkan bahwa Imam Fudhail bin ‘Iyâdh rahimahullah pernah bertanya kepadanya tentang sebab dia memliki perniagaan besar dengan mengekspor barang-barang dagangan dari negeri Khurasan ke tanah haram .

Jadilah orang yang berilmu, rajin belajar, rajin membaca, banyak wawasan. Orang yang tampan atau cantik secara fisik mudah ditemukan dimana saja, tapi yang baik fisiknya dan cerdas otaknya tentu akan terlihat jauh lebih menarik. Jika ingin bertemu cinta sejati yang baik akhlaknya tentu harus mendatangi tempat-tempat yang baik yang di dalamnya banyak terdapat kegiatan agama yang bermanfaat dan berpeluang mempertemukan dengan cinta sejati. Jika datang ke tempat buruk maka di dalamnya juga ada orang-orang yang buruk sehingga menjauhkan dari cinta sejati.

Role