Bupati Bantaeng Serap Gagasan Guru Untuk Grand Desain Pembelajaran Tatap Muka

Hal tersebut sangat memberatkan siswa yang tidak mampu untuk membeli handphone dan kuota untuk mengikuti sekolah daring. “Sekolah harus melibatkan banyak pihak dan harus punya pembina, pengampu seperti puskesmas, dokter dan dinas kesehatan untuk memonitor. Bagaimana tracing-nya nanti jika ada kasus, dan menyiapkan jaring pengaman berlapis baik guru maupun murid,” kata dia. Rincian yang sudah melakukan PTM untuk PAUD sebanyak 28,90 persen, SD 34,thirteen persen, SLB 22,16 persen, SMP 37,seventy eight persen, SMA 36,67 persen, dan SMK 31,45 persen. “Dan untuk wilayah dengan positivity fee di bawah lima persen, pemda dapat membuka sekolah apabila mereka memiliki mekanisme kontrol yang langsung ke sekolah,” sambungnya. Tidak hanya itu, kondisi belajar yang tidak dinamis, kesepian, dan siswa mengalami depresi karena tidak bertemu dengan teman-teman dan gurunya.

Kapan sekolah tatap muka akan dilaksanakan

Kumpulan berita tersebut disajikan sebagai berita pilihan yang lebih sesuai dengan minat Anda.

Satuan pendidikan juga dapat memanfaatkan ruang-ruang terbuka sebagai tempat pembelajaran tatap muka terbatas. Muhadjir mengatakan, kebijakan pembelajaran tatap muka terbatas ini berdasarkan Surat Keputusan Bersama Empat Menteri tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19). “Dalam hal ini, Kira melarang guru guru dan tata usaha untuk berpergian keluar kota. Semua sekolah dan para guru untuk tetap melaksanakan 3M, memakai masker, menjaga jarak dan menghindari kerumunan,” bilang Idham.

Dalam hal ini protokol kesehatan di lingkungan sekolah harus diperhatikan, baik dari segi jarak, ventilasi ruangan, tempat mencuci tangan, menyediakan hand sanitizer, sampai semua tenaga pengajar harus melakukan tes PCR. Pelaksanaan PBM setelah Idul Fitri akan dimulai Tanggal 21 Mei 2021 dari rumah masing-masing peserta didik, bisa melalui sistem daring/luring/penugasan/portofolio hingga Tanggal 31 Mei 2021. “Tetapi yang ini kami prioritaskan untuk anak-anak yatim piatu, kalau di luar anak yatim piatu, kami imbau orang tua yang antar-jemput karena kan yang memonitor kesehatan anaknya di luar sekolah ya orang tuanya,” katanya.

Kapasitas kelas pun akan disesuaikan, dengan membagi jam belajar menjadi 2 sesi. Sehingga, setiap jam belajar yang dilaksanakan di kelas, hanya akan diikuti oleh setengah dari jumlah pelajar biasanya. Mendikbud menekankan, kegiatan-kegiatan yang mengundang kerumunan tidak diperbolehkan. Kantin di satuan pendidikan tidak boleh dibuka dulu, katanya, dan juga kegiatan olahraga dan juga ekskul untuk sementara tidak bisa dilakukan. “Kalau tiga pihak ini tidak mengijinkan sekolah itu bukan sekolah itu tidak diperkenankan untuk dibuka, tapi kalau tiga pihak itu setuju, berarti sekolah itu mulai boleh melaksanakan tatap muka,” tambahnya. Atas hal ini, dia mengharapkan agar kebijakan ini dapat meminimalisir adanya los technology atau kesenjangan pendidikan.

Dikonfirmasi kapan KBM tatap muka dimulai dan menjawab keresahan orang tua/wali murid akan keberlangsungan pendidikan anak-anaknya. Kadin Pendidikan Kabupaten Nabire Yulianus Pasang mengatakan, bahwa menunggu vaksinasi selesai. MADANINEWS.ID, JAKARTA — Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nadiem Makarim mempersilakan kepada sekolah-sekolah yang ada di zona hijau dan kuning untuk memberlakukan pembelajaran tatap muka. Salah satu hal yang disiapkan Disdik Samarinda adalah seputar jam belajar yang akan disesuaikan dengan kondisi pandemi ini. Misalnya, tak ada jam istirahat untuk siswa, agar bisa mengurangi potensi kerumunan yang bisa terjadi saat pelajar istirahat dan bermain. Pemerintah Kota Depok melalui Dinas Pendidikan membatalkan sekolah tatap muka yang rencananya mulai digelar pada Januari 2021 mendatang.

Sekretaris Daerah Kabupaten Klaten, Jaka Sawaldi mengatakan hal ini sehubungan dengan Surat Edaran Gubernur. Empat sekolah yang pertama menerapkan pembelajaran tatap muka yaitu SMPN 2 Klaten, SMAN three Klaten, SMKN 3 Klaten, dan MAN 1 Klaten. Ia menilai dengan pembelajaran tatap muka lebih menguntungkan dibanding secara daring. Dari kajian yang pernah ia lakukan persepsi siswa jauh lebih mudah pembelajaran dengan tatap muka. Selain sarana prasarana, ada 17 instrumen yang wajib dipenuhi setiap sekolah untuk membuka sekolah tatap muka itu.

BALIKPAPAN– Pemerintah Kota Balikpapan segera menggelar pembelajaran tatap muka untuk SD dan SMP dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Tak hanya vaksinasi dan menerapkan aksi 5M, sekolah yang ingin melaksanakan pembelajaran tatap muka juga harus mendapatkan izin dari Satuan Tugas Covid-19 yaitu berdasarkan dengan persetujuan orangtua dan murid. Ia juga mengatakan pada dasarnya, pilihan pembelajaran tatap muka sudah terbatas dimulai sejak Januari 2021. Namun, orang tua diberikan kebebasan untuk menentukan apakah anaknya diizinkan sekolah secara tatap muka atau on-line Slot Game Online. Rencananya, sekolah tatap muka terbatas di Kabupaten Tuban akan dilaksanakan pada tahun ajaran baru bulan Juli 2021 mendatang, namun karena adanya lonjakan warga yang terpapar COVID-19, maka rencana tersebut akan dikaji ulang. Sembari menunggu kebijakan pemerintah untuk melaksanakan PTM terbatas, Pemkot Medan akan tetap melakukan uji coba serta mempersiapkan segala fasilitas protokol kesehatan untuk mendukung pelaksanaan PTM terbatas.

Davon