Biografi Singkat 9 Grandmaster Catur Indonesia Berprestasi

Mereka harus memetik tiga kemenangan untuk menjaga asa lolos ke babak berikutnya. Irene pernah menjadi atlet termuda dari semua cabang ketika terpilih menjadi anggota kontingen Indonesia untuk SEA Games Vietnam 2003. Ia dilarikan ke rumah sakit dan langsung didiagnosis mengidap radang paru-paru stadium akut. Tahun 2000 dan 2004, Ruben bermain dalam dua Olimpiade Catur, yaitu di Istanbul, Turki dan Calvia, Spanyol.

catur indonesia

Utut Adianto menilai, masuk tujuh besar dengan tingginya stage lawan di Pool A Divisi Utama, merupakan prestasi bagus untuk regu catur Indonesia. Bagi Suherman, mengalahakan Master Catur Nasional bukan hal mudah. Untuk mengalahkan Sugeng, dia benar-benar memaksimalkan prinsip dasar permainan catur yaitu, ketenangan dan kematangan berpikir. Dengan lebih dari 500 pelajaran catur yang unik dan juga ratusan video tutor, ICS uda menjadi sumber pelatihan catur terbesar secara online. Ribuan siswa dari 50 negara uda gabung sama ICS, mulai dari Amerika Serikat sampai Tanzania, Rusia sampai Aruba bahkan Norwegia sampai Afrika Selatan. Ia meraih gelar Master Nasional pada tahun 1978, dilanjutkan Master FIDE dan Master Internasional pada tahun 1982.

Permainan Dewa Kipas dinilai sangat mencolok dengan tingkat akurasi ninety persen dari 369 laga yang telah dijalani. Fenomena Dewa Kipas melawan GothamChess menjadi titik awal tersorotnya dunia Catur. Sejarah catur mengalami pasang surut yang dimulai dari penjajahan Belanda hingga kini. Tak terhitung prestasi catur yang ditorehkan Irene mulai dari tahun 2002 hingga 2014.

Organisasi catur dengan nama “Nederlands Indische Schaakbond” singkatan dari NISB berdiri. “Secara kekuatan sebenarnya kami di bawah ketiga negara tersebut. Strategi penempatan pemain harus disiapkan matang-matang untuk menciptakan kejutan seperti hari ini,” ucapnya. Berkat kemenangan tersebut, Indonesia berhasil mempertahankan posisi kelima klasemen sementara. Di hari terakhir atau Minggu (23/eight/2020), Kristianus dan kawan-kawan akan meladeni perlawanan Iran, Mongolia dan Georgia.

Menurut dia pertandingan yang dilakukan Dewa Kipas bersifat pribadi sehingga tidak ada kepentingan bagi PB Percasi untuk menanyakan masalah ini kepada chess.com atau kepada federasi Amerika. “Kejadian ini membuat kita sedih, dalam arti persoalan ini bisa melebar ke mana-mana, tapi tentunya ini sekaligus untuk mengedukasi semua pemain-pemain on-line,” kata Eka. Pada 22 Maret 2021 Dadang Subur melawan Irene Kharisma Sukandar seorang Woman Grand Master dalam pertandingan catur terbuka. Hasilnya Irene menang dengan skor three-zero di pertandingan tersebut. Dalam pertandingan daring yang pernah dijalani Dadang, ia diduga melakukan kecurangan yang terlihat dari grafik permainannya.

Gelar tersebut menjadi yang paling tertinggi di dunia dalam dunia percaturan. Hal itu tentu saja membuatnya mengalahkan rekor dari Utut Adianto yang mendapatkan gelar tersebut di usia 21 tahun. Susanto kini juga tercatat sebagai pecatur terbaik dengan ranking tertinggi sekitar 2550 poin per bulan Maret tahun 2021. Olahraga catur memang sudah ada sejak dulu, akan tetapi namanya jarang sekali menjadi sorotan publik. Namun, kini beberapa hari terakhir olahraga tersebut sedang trending karena viral video tentang duel yang dilakukan oleh Irene Sukandar dan juga Dewa Kipas alias Dadang Subur. Sebenarnya pertandingan yang mereka lakukan pun tidak resmi, hanya terpicu dari debat sengit di media sosial saja.

Role