Berita Terkini Vaksin Untuk Lansia Terbaru Hari Ini

Berdasarkan knowledge Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur per 20 April 2021, vaksinasi COVID-19 tahap pertama untuk lansia di Jawa Timur baru mencapai 13,8 persen. Sementara itu, untuk memudahkan para lansia mengikuti program vaksinasi, Rumah Sakit Universitas Indonesia baru saja membuka Sentra Vaksinasi Indonesia Bangkit. Ia mengatakan bahwa warga lansia rentan tertular COVID-19 dan mengimbau warga yang berusia 60 tahun ke atas segera mendatangi tempat pelayanan vaksinasi COVID-19 agar bisa mendapat suntikan vaksin. Untuk pelaksanaan vaksinasi di D.I Yogyakarta sampai dengan saat ini dari sasaran nakes sebanyak 37.637 sudah teregistrai sebanyak 37.314 (99,14 %).

Vaksinasi COVID-19 untuk lansia diperkirakan akan mulai dilakukan pekan depan. Ada dua mekanisme vaksinasi yang akan dilakukan, salah satunya harus mendaftar dulu di web site Kementerian Kesehatan RI. Lansia sehat yang dimaksud adalah lansia yang belum pernah terinfeksi virus Corona, tidak dalam keadaan demam atau flu, tidak memiliki alergi vaksin, dan tidak ada kontak dengan orang yang terinfeksi virus Corona. Izin ini dikeluarkan oleh BPOM karena vaksin Sinovac sudah menyelesaikan uji klinis yang melibatkan ± four hundred orang lansia sehat .

Dia menegaskan suntikan vaksin aman dan tidak menimbulkan efek yang berat. “Sejauh ini untuk lansia diprioritaskan karena risiko bagi lansia yang terpapar Covid-19 lebih tinggi dibandingkan selain dari tenaga kesehatan,” ungkap Bupati. Berdasarkan pengamatan Lokadata.id di lokasi ketika tiba pukul 11.00 siang, proses vaksinasi yang dilaksanakan di halaman depan rumah sakit berjalan tertib. Penerima vaksin menunggu di tempat duduk yang disediakan dan sudah dibuat berjarak satu sama lain. Namun, jika selama waktu observasi tidak ada keluhan maka mereka diizinkan pulang. Sertifikat bukti vaksinasi akan dikirimkan tautan melalui pesan singkat.

Seorang warga Desa Kebon, Bayat, Klaten, terkonfirmasi positif sepulang dari perantauan di Kalimantan awal April lalu. Jumlah penumpang yang diangkut bus Batik Solo Trans atau BST dengan sistem buy the service sudah mencapai lebih dari satu juta. Salman datang bersama Anggota Komisi Pendidikan dan Pelatihan PWI Pusat dan aktivis GJPP, Nurcholis MA Basyari, serta Konsultan Komunikasi Aqua Dwipayana. Polres Karanganyar kembali menindak sejumlah orang yang diduga melakukan balap liar di saat ngabuburit.

Menurutnya hal ini merupakan perkembangan yang baik, karena program vaksinasi sudah masuk tahap kedua. Selaras dengan itu, Direktur Rumah Sakit Al-Islam, Muhammad Iqbal mengatakan, setelah mendapatkan knowledge dari Dinas Kesehatan Kota Bandung, para lansia akan dihubungi untuk diberikan jadwal pelaksanaan vaksinasi. Pada pelaksanaannya terdapat dua pilihan mekanisme pendaftaran bagi masyarakat lanjut usia.

Selanjutnya pilihan kedua adalah mekanisme melalui vaksinasi massal yang dapat diselenggarakan oleh organisasi atau institusi yang bekerjasama dengan Kementerian Kesehatan atau Dinas Kesehatan. Adapun contoh organisasi dan institusi yang dapat menyelenggarakan vaksinasi misalnya seperti organisasi untuk para pensiunan ASN, Pepabri atau Veteran Republik Indonesia. “Karantina bagi orang yang sehat tapi dia berhubungan erat dengan penderita (COVID-19) sangat penting untuk memutus penularan. Tapi ini tidak disadari oleh masyarakat,” pungkasnya.

“Kami akan evaluasi dulu pelaksanaan vaksinasi hari ini. Jika pas, kami lanjutkan,” katanya. Program vaksinasi sendiri bukan segalanya untuk menghentikan pandemi COVID-19, melainkan salah satu upaya mencapai kekebalan kelompok dengan goal penduduk yang divaksinasi sebanyak 70 persen. Seorang warga lansia mengangkat jempol saat menjalani penyuntikkan vaksin COVID-19. Oleh karena itu, tolong dibantu semua orang tuanya, kakeknya, neneknya, mertua, tante, semua yang 60 tahun ke atas, tolong segera diajak untuk divaksinasi,” pintanya. Ribuan warga lanjut usia di Pekanbaru antusias menerima vaksin Covid-19 yang diselenggarakan relawan Covid-19 di Riau bersama Polresta Pekanbaru.

Vaksinasi bagi Lansia

“Perlu diingat, kerja sama yang dijalin dengan Halodoc dan Gojek, bukan merupakan bentuk komersialisasi vaksin COVID-19. Kerja sama ini merupakan upaya meningkatkan cakupan vaksinasi di Provinsi DKI Jakarta. Selain itu program vaksinasi drive thru ini gratis dan tidak dipungut biaya,” lanjut Wiku. Kementerian Kesehatan terus berupaya mempermudah akses bagi masyarakat mendapatkan vaksin COVID-19. Seperti memperpendek jarak jangkauan bagi warga lanjut usia mengakses vaksin dekat dari rumah, hingga mendekatkan lokasi vaksinasi bagi para pelaku pariwisata. Selama menjalani proses skrining, lansia wajib mematuhi protokol kesehatan yang berlaku dengan menerapkan 5M, yaitu memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan membatasi mobilisasi maupun interaksi.

Role