7 Tips Cerdas Mengatur Keuangan Untuk Pebisnis Pemula

Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Di tengah kondisi sulit seperti ini, jangan lupa agar tetap mengalokasikan dana untuk asuransi. Dengan memiliki asuransi, kamu terhindar dari kejatuhan ekonomi yang lebih berat lagi saat pandemi COVID-19 masih berlangsung. Untuk pilihan asuransi yang tepat, kamu bisa mempertimbangkanasuransi jiwadanasuransi kesehatandariAllianz Indonesia. Virus corona tidak hanya mendatangkan masalah kesehatan, tetapi juga mendatangkan masalah ekonomi bagi seluruh penduduk di muka bumi ini. Kebijakan pembatasan sosial membuat sejumlah usaha tak lagi bisa beroperasi normal Tembak Ikan Terpercaya.

Jika Anda memiliki lebih banyak aset daripada liabilitas, Anda memiliki kekayaan bersih positif, selamat! Jika kekayaan bersih Anda negatif, ini merupakan saat yang baik untuk memeriksa keuangan Anda. Tetapkan beberapa tujuan yang dapat diperoleh untuk meningkatkannya. Pastikan Anda memanfaatkan paylater dengan bijak, bukan untuk kebutuhan yang sifatnya konsumtif atau menggunakan paylater karena ingin belanja bukan karena kebutuhan penting. Anda harus menyadari bahwa paylater sama dengan berutang, Anda tetap harus membayarnya dan usahakan untuk tidak telat melunasi utang. Belum lagi jika Anda keseringan pesan makanan online, tentu biaya makan Anda akan naik.

Anda bisa mulai mengumpulkan dana darurat dari 20% gaji yang sudah diterima setiap bulannya. Setelah menjalani masa pandemi akibat COVID-19, akhirnya banyak orang menyadari pentingnya keberadaan dana darurat. Dana darurat bisa membantu Anda melalui krisis di tengah COVID ini untuk membayar tagihan-tagihan yang terus berjalan meski pemasukan berkurang. Hindarilah berhutang atau menggunakan fasilitas cicilan kartu kredit, kecuali jika sangat diperlukan.

Agar Sedulur tidak perlu mengeluarkan uang tambahan untuk biaya internet. Tentukan berapa biaya yang diperlukan untuk web tiap bulannya, dan hemat menggunakannya sebisa mungkin. Dana darurat adalah dana yang dipersiapkan untuk digunakan dalam keadaan darurat, seperti apabila Anda jatuh sakit atau mungkin dipecat dari pekerjaan. Tentu saja sebagai jaga-jaga menggantikan penghasilan utama Anda di kondisi terdesak.

Cara mengatur keuangan dengan mudah

Selain itu, jaga aset yang kamu miliki agar semuanya tetap terjaga dan bisa menjadi keuntungan yang kamu dapatkan di masa yang akan datang. Mulai dari pemasukan, pengeluaran, saldo, dan segala bentuk anggaran catatlah dengan sedetail mungkin. Jika Anda tidak bisa mengatur pemakaiannya dengan baik, bisa-bisa tagihan listrik Anda jadi membengkak dan membebani anggaran bulanan. Untuk membuat dana darurat, sisihkan sebagian pemasukan yang diterima dan jangan pernah gunakan dana darurat untuk keperluan apapun kecuali memang benar-benar darurat.

Dana darurat adalah dana yang sangat penting untuk mengantisipasi keadaan darurat atau urgen sehingga tidak mempengaruhi kondisi finansial kita. 20 persen dari pendapatanmu berikutnya bisa kamu alokasikan untuk tabungan investasi untuk masa depan finansial lebih baik. Selanjutnya, alokasikan 30 persen pendapatanmu untuk membayar cicilan utang apabila kamu memilikinya. Tak jarang kita membelanjakan uang untuk hal yang tak terlalu penting atau hanya didorong keinginan, bukan kebutuhan.

Gunakan aplikasi mobile banking PermataMobile X untuk memantau mutasi transaksi Anda. PermataMobile X bisa memberikan informasi transaksi yang Anda lakukan hingga 12 bulan ke belakang. Anda pun dapat membandingkan dengan mudah cashflow Anda dari bulan ke bulan.

Davon