6 Cara Agar Anak Suka Makan Sayur

Dalam menu sehari-hari di rumah, sayur dan buah kerap menjadi pilihan terakhir anak. Sering kali anak lebih memilih lauk protein dibandingkan sayur atau buah. Untuk mengatasi masalah anak susah makan buah dan sayur, Anda harus konsisten dalam memberikan menu buah dan sayur pada si anak.

Hal ini bertujuan agar anak-anak mengikuti apa yang orang tua lakukan. Jakarta, InfoPublik – Masih banyak anak yang tidak mau makan buah dan sayur. Hal ini membuat orang tua harus memikirkan cara yang tidak biasa agar anak-anaknya mengonsumsi buah dan sayur. Menurut studi, untuk kelompok anak yang dilibatkan dalam membantu orang tua memasak dan siapkan makanan terbukti lebih lahap mengonsumsi salad dan pastanya. Dibandingkan dengan kelompok anak yang tidak terlibat dalam proses memasak. Ketika anak dilibatkan memasak biasanya mereka akan mengonsumsi sayuran lebih banyak.

Namun, penting untuk kita tetap konsisten dengan kebutuhan nutrisi mereka. Jadi, tak apa untuk tetap menaruh brokoli di piring dan selipan sayur lain saat jam makan. Jika bujukan sudah tak mempan, berikan variasi warna sayur dalam piring atau bisa juga memberikan reward saat mereka berhasil menghabiskan sayurnya. Biasanya, anak-anak akan semangat jika dimintai tolong untuk melakukan hal yang biasa dilakukan orang dewasa. Minta ia mencuci sayur, memotong sayur , memetik bayam, atau mencampur potongan sayur ke dalam adonan.

Anda bisa menyajikan potongan kecil wortel dengan jagung manis yang bisa dicelupkan ke saus. Nutrisi dari sayur yang kita makan tidak hanya berpengaruh pada orang dewasa. Pertumbuhan anak-anak sangat bergantung pada asupan gizi yang didapat sejak dini.

Anak-anak memang perlu beberapa kali mencoba sesuatu yang baru, termasuk makan sayur, sebelum mereka menyukainya. Ibu bisa semakin berkreasi dengan sayur dan membuatkan menunya untuk anak di waktu makan yang lain. Kalau si Kecil melihat orang dewasa menikmati sayur, ia akan ikut memiliki ketertarikan untuk melakukan hal serupa. Ambil sayur, lalu makanlah dengan lahap di depan anak hingga anak percaya kalau ia akan bisa menikmati sayur seperti ibunya. Tips selanjutnya, orangtua jangan sampai menyerah jika anak masih susah mengonsumsi sayuran dan buah. Tak hanya di meja makan, Moms bisa juga menyediakan irisan buah-buahan dan infused water berisi potongan buah di dalam kulkas.

Kacang dipercaya sehat untuk tubuh karena mengandung banyak lemak tak jenuh yang bisa menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Ikan merupakan makanan yang emmiliki omega 3 yang sehat untuk tubuh. Hindari untuk memberikan makanan berupa sayuran lantaran susah dicerna dengan baik oleh kucing. Meningkatkan jumlah protein dalam food regimen Agen PAY4D dapat mengurangi rasa ingin makan dan menjaga tubuh kenyang lebih lama setelah makan. Tidur malam setidaknya selama tujuh jam memengaruhi produksi hormon leptin dan ghrelin yang mengendalikan nafsu makan. Jika Anda cukup tidur, hormon tubuh akan bekerja dengan baik dan tubuh lebih mampu mengendalikan nafsu makan.

Mulai dari membeli dan memilih sayuran di pasar tradisional atau grocery store, mencuci, mengupas, hingga memasak. [newline]Dengan melakukan cara ini, anak-anak jadi lebih bisa mengenal berbagai macam sayuran dan berani mencobanya. Ajaklah anak berbelanja dan biarkan anak memilih sayur dan buah yang diinginkannya. GenBest juga bisa melibatkan si kecil saat mengolah sayur dan buah itu di dapur. Mungkin prosesnya jadi sedikit lebih lama dan mungkin sedikit lebih membuat frustrasi karena anak-anak bisa membuat semua lebih berantakan. Tetap sabar ya GenBest karena manfaat proses ini sangat besar, yakni anak jadi mau makan sayur dan buat, atau setidaknya mencicipinya. Kondisi ini berubah setelah diberikan Pendidikan Kesehatan dengan TPS, mayoritas responden memiliki pengetahuan yang baik tentang konsumsi sayur.

Jika dia meminta camilan sebelum makan malam, jadikan itu satu-satunya pilihan. Selalu sediakan sayuran yang bersih dan potongan-potongan di bagian depan kulkas agar mudah dilihat saat anak Anda mencari makanan. Ketika Anda frustrasi bahwa anak Anda tidak akan mencoba sayuran, tergoda untuk menjadi marah atau memaksanya untuk membersihkan piringnya.

Cara agar anak mau mengkonsumsi sayur

Terkait dengan trik membuat si kecil mau makan sayur saat sahur atau berbuka puasa, Prof Aryono mengatakan, ada dua cara yang bisa dicoba para orangtua. Selain memberi anak makanan bergizi seimbang, berikan ia suplemen khusus anak untuk penuhi asupan vitamin hariannya. Nah, kamu bisa memberinya multivitamin yang mengandung sejumlah vitamin penting, seperti Enervon-C Plus Sirup Anak. Karena hal itu hanya akan membuat anak takut dan trauma untuk mengonsumsi sayur.

Seperti kreasi makanan sehat berdekorasi ala Que Phuong Tran ini misalnya. Ibu asal Vietnam yang tinggal di Perancis ini sering membagikan berbagai meals artwork di Instagram dan Facebook pribadinya. Menu makanan dengan sentuhan artistik ini disajikan untuk anaknya, Liam. Memang sih membutuhkan effort yang lumayan untuk membuat makanan menjadi semenarik ini. Ajak juga anak Anda ikut serta membuatnya agar ia senang dan jadi semangat makan.

Davon