4 Suggestions Hemat Belanja Bulanan

Cara hemat belanja bulanan bukanlah hal yang mudah, mengingat harga bahan-bahan pokok yang harus dibeli juga cukup mahal. Sehingga, Sobat Citinews harus pintar-pintar mengatur uang dengan tepat dan bijaksana. Pengeluaran bulanan yang besar biasanya termasuk soal makanan, jika Anda seringkali makan diluar. Padahal kita bisa menekan pengeluaran ini dengan memasak sendiri di rumah. Namun, inflasi seringkali membuat ibu rumah tangga menjerit karena naiknya harga kebutuhan dapur bisa tidak diduga. Jangan khawatir, kita hanya perlu konsisten dengan pengelolaan keuangan kita.

Tips pertama yang harus diperhatikan adalah soal kesehatan tubuh. Menjaga kesehatan tubuh sangat penting dilakukan agar tidak mudah jatuh sakit, karena jika sudah sakit biaya yang harus dikeluarkan bisa menguras dompet hingga buku tabungan. Tidak sedikit orang yang terdampak secara ekonomi akibat wabah virus Corona. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk menghemat keuangan agar bisa menghindari krisis finansial. Alih-alih berpatokan pada merk tertentu, cobalah untuk lebih fleksibel dalam memilih merchandise.

Saya sarankan, alokasi waktu minimal 1 jam dalam satu minggu untuk menambah referensi dan mencari tahu lebih dalam lagi mengenai perencanaan keuangan serta tools yang mendukungnya. Untuk itu sangat dibutuhkan pencatatan keuangan yang baik agar evaluasi bisa berjalan efektif. Pada dasarnya, tujuan pencatatan keuangan Kakek Merah FAFAFA dilakukan supaya kita selaku perencana keuangan mampu mengevaluasinya dengan baik. Tidak hanya itu, audit kekayaan juga bisa digunakan untuk mengetahui sisi psikologi yang ada dalam dirimu menyikapi kondisi keuangan. Misalnya, sifat atau kebiasaan yang menjadi sisi kelebihan atau kelemahanmu dalam segi finansial.

Cara agar hemat dalam berbelanja bulanan

Namun, jangan sampai hal tersebut membuat Sobat Citinews lupa diri dengan berbelanja sebanyak-banyaknya. Meskipun harga diskonan, namun jika membeli barang dalam jumlah banyak, maka biaya yang harus dikeluarkan juga harus banyak. Pastikan Sobat Citinews hanya membeli barang yang dibutuhkan.

Mulailah dari sekarang agar tidak terburu-buru dalam berbelanja, selalu bandingkan harga dan kualitas barang yang ingin dibeli. Manfaatkan media sosial untuk melihat perbandingan-perbandingan harga yang ada dari beberapa toko. Jika bisa mendapatkan harga yang lebih murah untuk barang yang sama, kenapa tidak.

Davon